News & Update

Expat Jepang Cikarang dan Solusi Apartemen Azalea Suites

6573 views

 

Expat Jepang Di Cikarang dan Gaya Hidupnya

Sumber : https://akurat.co/ekonomi/id-343861-read-ramai-ekspatriat-dmas-bangun-sekolah-kurikulum-jepang

https://azaleasuites.co.id/ - Kehadiran ekspatriat asing di Indonesia membuat banyak kawasan bisnis berpotensi meraih pundi-pundi uang lebih besar. Terutama keberadaan Expat Jepang Cikarang , Jawa Barat yang jumlahnya mencapai puluhan ribu. Tentunya kehadiran mereka membuka peluang berbagai jenis usaha seperti kuliner, properti, pusat kebugaran, dan lainnya.

Selain ekspatriat Jepang, ada juga yang berasal dari Korea dan negara Asia lainnya. Jadi tidak mengherankan masyarakat pribumi menjuluki Cikarang sebagai Kota Asia.

Jumlah Expat Jepang Cikarang 

Sejak tahun 1990-an, Pemerintah Indonesia telah mengemas Cikarang menjadi kawasan industri berskala multinasional. Untuk mendukung jalannya industri lebih optimal maka tenaga kerja profesional diimpor dari negara lain dan menetap sementara waktu di Cikarang. Salah satunya ekspatriat yang terbanyak berasal dari negeri sakura, Jepang.

Melansir dari suara(dot)com, expat asing sampai saat ini berjumlah sekitar 22 ribu orang. Expat Jepang Cikarang persentasenya 62 persen atau sekitar 13 ribuan orang. 

Ada juga expat dari Korea sebanyak 32 persen dan sisanya 6 persen berasal dari negara lain. Jumlah expat Jepang di sana bertambah setiap tahunnya karena semakin berkembangnya kawasan Industri. Namun, ada pula expat yang pulang ke negara asalnya setelah masa kontrak telah habis.

Komunitas JIC  Bagi Expat Jepang Cikarang

Expat Jepang Cikarang tentunya membutuhkan pusat informasi dan ruang komunitas yang menjadi wadah komunikasi. Kehadiran Japan Information Center (JIC) dikhususkan bagi warga negara Jepang yang tinggal di Cikarang . JIC dapat menjadi mediator atas segala informasi akurat, terutama bagi investor Jepang yang berniat melakukan investasi di Indonesia. 

Adapun informasi umum lainnya yang dibagikan oleh JIC seperti informasi perusahaan-perusahaan Jepang yang berada di Cikarang, kedutaan besar Jepang untuk Indonesia. Memberitahukan tentang kerjasama antara Jepang dengan Indonesia, hingga berbagai event yang  komunitas ekspatriat Jepang selenggarakan.

Fasilitas yang diberikan dari Japan Information Center cukup memadai. Seperti perpustakaan, ruang multifungsi, ruang kerja bersama, dan ruang pertemuan. Jadi, semua expat Jepang yang berada di sana dapat terhubung dengan baik. JIC sangat penting karena dinilai dapat mendorong keberhasilan ekspatriat dan keluarganya saat tinggal di Cikarang.

Expat tersebut dapat saja gagal dan tidak optimal ketika bertugas. Berdasarkan hasil penelitian Lisa N. Littrel dalam bukunya “Expatriate Preparation: An Critical Analysis of 25 Years of Cross Cultural Training Reserch”. Mengemukakan berbagai faktor teknis yang menyebabkan expat gagal di negara penugasannya, seperti:

  1. tidak dapat berkomunikasi baik dengan pegawai lokal;
  2. tidak dapat mengimplementasikan manajemen yang baik ketika berada di negara lain;
  3. tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja dan tempat tinggal di negara lain.

Dalam hal ini kehadiran JIC diharapkan membantu expat Jepang mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

 

Gaya Hidup Ekspatriat Jepang

Sumber : https://www.kaskus.co.id/thread/595125431cbfaac0338b4572/5-fakta-mencengangkan-tentang-cikarang-elo-mesti-tau-gan/9

Expat Jepang memiliki gaya hidup berbeda dari masyarakat pribumi. Baik itu memilih hunian yang disukai, olahraga, makanan, dan hiburan di akhir pekan. Biasanya expat Jepang yang bermukim di Cikarang memiliki gaya hidup berikut ini.

1. Menyukai Kesunyian 

Hal pertama yang paling disukai mereka adalah suasana sunyi. Terutama ketika belajar, tinggal di rumah, dan berbelanja. Intinya privasi bagi dirinya dan keluarga sangat diutamakan.

2. Hunian Tidak Menyatu Dengan Pusat Perbelanjaan

Di Indonesia banyak dibangun apartemen dan hotel yang menempel dengan pusat perbelanjaan. Jika hunian seperti ditargetkan untuk market expat Jepang maka bersiaplah sulit terjual. 

Justru mereka menghindari apartemen yang menyatu dengan mall dan pusat perbelanjaan lainnya. Apartemen ideal menurut mereka yakni menyajikan suasana sunyi dan tidak jauh dari pusat perbelanjaan. Biasanya, unit apartemen pilihan expat memiliki luas cukup besar yaitu lebih dari 30 meter persegi. 

3. Berendam Dalam Air Hangat

Sudah menjadi kebiasaan orang Jepang secara turun menurun berendam dalam air hangat. Jadi, jangan heran apabila pusat permandian air hangat atau onsen di Jepang tidak pernah sepi pengunjung. 

Sementara, expat Jepang di Cikarang lebih memilih apartemen yang dilengkapi dengan bathup  dan hot water.

4. Memiliki Tetangga Sesama Expat  

Apartemen paling dicari oleh expat baru yang mendapat penugasan daerah Cikarang adalah apartemen yang penghuninya rata-rata ekspatriat asing. Bahkan, mereka lebih memilih apartemen dengan operator orang Jepang atau fasih berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang. Sehingga lebih mudah berkomunikasi dan meminta informasi karena biasanya mereka tinggal untuk jangka waktu panjang.

5. Hobi Elegan

Hobi yang mereka tekuni saat berakhir pekan yaitu aktivitas-aktivitas yang berbau elegan. Seperti bermain golf, bilyard, fitness, renang dan berekreasi di taman terbuka bersama keluarga.

Alasan Azalea Suites Pilihan Paling Tepat

Mencari hunian merupakan faktor utama yang membuat expat betah bermukim di Cikarang. Sayangnya tidak semua apartemen memiliki fasilitas dan suasana seperti gaya hidup expat Jepang. Hal inilah yang  mendorong PT Pudjiadi Prestige Tbk membangun apartemen Azalea Suites. 

Galeri akomodasi ini

Sumber : https://www.booking.com/hotel/id/azalea-suites-cikarang-by-jayakarta-group.id.html

Keunggulan utama apartement ini menampilkan properti modern dengan nuansa Jepang, fasilitas pelayanan lengkap, mengutamakan kebersihan apartemen dan tersedia onsen eksklusif. Anda dapat melihat video review onsen yang ada berada dalam Azalea Suitesdi sini.

Suasana apartemen Azalea Suites dirancang tenang dan nyaman serta jauh dari kawasan industri dan area perkotaan Cikarang.

Sumber : https://www.agoda.com/en-gb/cozy-studio-room-azalea-suites-apt-by-travelio/hotel/cikarang-id.html?cid=1844104

Unit apartemen pun beragam, mulai dari Two Bedroom Suites, Studio Suites, Corner Studio dan Studio Deluxe. Fasilitas umum yang disediakan pun sangat aman dan nyaman seperti rumah sendiri. Azalea Suites juga terdapat pusat kebugaran, jogging track, ruang sauna, dan kolam renang yang bersih.

Selain itu, penghuni apartemen Azalea Suites dapat dengan mudah mencari makanan khas Jepang di Hana Mori. Ada berbagai menu khas Jepang yang disajikan seperti sushi, ramen, dan paketan nasi Jepang.

 

baca juga

Ini Dia Top 3 Apartemen Cikarang Terbaik dengan Komunitas Jepang

 

Mendukung karir lebih cemerlang dimulai dari hunian yang tenang dan nyaman. Azalea Suites menjadi pilihan paling tepat karena suasananya calm and peaceful di Cikarang. Segera hubungi tim marketing Azalea Suites sekarang dan dapatkan promo spesial.

 

Pilih Apartemen atau Kondominium?

Memilih tempat tinggal dapat menjadi tantangan sendiri baik jika anda ingin tinggal di kota ataupun di desa. Banyak faktor yang harus anda pikirkan termasuk diantaranya hunian tipe apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Apartemen dan Kondominium adalah salah satu alternatif hunian yang bisa anda pilih jika anda memutuskan untuk tinggal di sebuah kota terutama kota besar. Sebab harga tanah di kota kota besar umumnya sudah terlalu mahal untuk dibeli dan dijadikan sebagai perumahan (in land housing).

Apartemen dan Kondominium adalah hunian yang dibangun vertikal sehingga daam satu lokasi tanah yang cukup terbatas, bisa menampung lebih banyak keluarga. Sama seperti halnya perumahan,  Apartemen dan Kondominium juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas pendukung seperti taman bermain dan mini market.

Expat Jepang Cikarang & Apartemen Azalea Suites

Namun fasilitas yang disediakan oleh Apartemen dan Kondominium  agak sedikit lebih lengkap. Selain taman dan mini market, pihak pengembang (developer) kedua jenis hunian ini biasanya juga menyediakan fitness center, kolam renang dan restoran.

Lalu, jika Apartemen dan Kondominium adalah dua jenis properti yang mirip, apakah perbedannya? . Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan Apartemen dan Kondominimum sehingga anda dapat dengan tepat menentukan tempat tinggal anda dan keluarga anda selama anda bekerja di Indonesia.

 

Perbedaan apartemen dan kondominium

 

1.      Kepemilikian

ketika membangun sebuah kondominium pengembang/ developer menjual masing masing unit kondo baik melalui penjualan tunai dan langsung lunas atau melalui penjualan secara kredit. Sehingga masing masing unit kondominium dimiliki oleh orang yang berbeda beda. Adapun perihal pengeolaan fasilitas umum ditanggung bersama oleh setiap pemilik kondo dengan difasilitasi oleh pengembang.

Apartemen pada awalnya merupakan hunian vertikal yang ditujukan untuk disewakan baik secara harian, bulanan ataupun tahunan.  Developer bertanggung jawab atas pengelolaan fasilitas apartemen secara keseluruhan termasuk fasilitas yang tersedia di dalam masing masing unit apartemen.

Dengan demikian, jika anda memutuskan untuk membeli atau menyewa kondominium (saat ini banyak juga kondominium yang disewakan), anda akan berhadapan langsung dengan pemilik masing masing kondominium yang mana bisa jadi pemilik kondominium tersebut bukan orang yang cukup bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas tambahan seperti perbaikan unit, atau penataan ulang unit.

Jika anda memilih untuk tinggal di kondominium dan bukan di serviced apartement seperti Azalea serviced apartment, anda juga harus melakukan pekerjaan rumah tangga anda secara mandiri. Anda mungkin bisa menyewa pekerja untuk melakukan itu semua jika anda mau. Tetapi pembayaran atas pekerja tersebut menjadi tanggung jawab anda sendiri dan bisa jadi pekerja yang anda sewa jasanya bukan orang yang terlatih dan terpercaya.

Sedangkan jika anda menyewa apartemen, anda akan berhadapan dengan korporasi/perusahaan pengembang. Sehingga kepuasan layanan kepada anda selaku penyewa apartemen akan menjadi prioritas utama.

Jadi, ketika ada fasilitas yang bekerja kurang baik anda bisa langsung memanggil staf dan memintanya untuk membantu anda. Adapun kebijakan pembayaran mengenai pelayanan tambahan ini berbeda beda pada setiap apartemen namun di Azalea serviced apartment suite anda akan mendapatkan fasilitas ini secara gratis.

2.      Jangka waktu penggunaan

Transaksi yang umumnya terjadi saat kontrak di kondominium adalah transaksi jual beli. Oleh karena itu, kondominium adalah tempat yang cocok untuk anda yang memang sudah memutuskan untuk tinggal dan menetap.

Lain halnya jika anda sewaktu waktu bisa dipindah tugaskan atau bahkan berganti pekerjaan. Apabila anda adalah orang dengan tipe yang terakhir maka ada baiknya anda menyewa apartemen saja. Karena dengan menyewa apartemen, anda bisa menentukan lama tinggal anda di tempat tersebut baik itu satu bulan atau satu tahun. Bahkan saat ini ada juga apartemen yang disewakan harian jadi anda bisa menguji kenyamanan apartemen tersebut selama beberapa hari sebelum akhirnya memutuskan untuk tinggal disitu atau tidak.

3.      Biaya

Meskipun untuk membeli kondominium bisa dicicil, namun kita tidak dapat memungkiri bahwasanya harga kondominium baik kondominium sewa maupun kondominium beli umumnya lebih tinggi daripada apartemen. Terlebih jika pemilik kondo sebelumnya mnawarkan fasilitas tambahan seperti fasilitas ubah desain ruangan atau penambahan instalasi tertentu.

Oleh karena itu, apartemen adalah tipe hunian yang cocok untuk anda jika anda adalah individu yang masih sering berpindah pindah kerja, belum berkeluarga (karena biasanya keluarga adalah alasan untuk tinggal dan menetap) dan memiliki batas budget jangka pendek yang tidak besar. Sedangkan kondo adalah tipe hunian yang cocok jika anda sudah berkeluarga dan memutuskan menetap.

Azalea serviced apartment suites adalah apartemen yang dibangun dan dikelola oleh salah satu perusahaan property terkemuka di Indonesia yaitu PT. Pudjiadi Prestige Tbk.  Apartemen ini berkonsep nonstop service apartment yang dapat membantu anda dalam pengelolaan unit apartemen anda.

Azalea serviced apartment suites adalah apartemen yang cocok untuk anda yang tidak ingin repot repot melakukan perbaikan ini itu. Sebab, di apartemen ini staf akan siap membantu anda selama 24 jam nonstop mulai dari membersihkan unit anda hingga membawa baju anda ke fasilitas laundry yang tersedia. Staf yang bekerja di apartemen ini sudah pasti staf yang berpengalaman dan terlatih sehingga anda tidak perlu meragukan kualitas pelayanannya.

Selain itu, Azalea serviced apartment suites juga menyediakan kolam renang yang dapat anda gunakan untuk mengisi waktu luang. Apartemen ini juga menawarkan ketenangan dengan tidak jadi satu dengan pusat perbelanjaan.

Jika anda sudah berkeluarga, anda bisa membawa serta keluarga anda untuk tinggal di apartemen ini. Karena apartemen ini terletak di lokasi yang benar benar strategis dengan berada tepat ditengah tengah kota. Sehingga selain jarak antara apartemen ini dengan tempat kerja anda tidak jauh, apartemen ini juga dekat dengan fasilitas fasilitas umum seperti rumah sakit dan sekolah. Jadi anda tidak perlu khawatir mengenai kesehatan dan pendidikan putra putri anda.

Menurut angka yang tertera di laporan tahunan pengembang apartemen ini, yaitu PT. Pudjiadi Prestige Tbk hingga akhir 2019, apartemen ini sudah terjual sebanyak 428 unit. Angka ini lebih dari 50% dari keseluruhan unit apartemen ini yang berjumlah 732 unit. Hal ini membuktikan bahwa apartemen berukuran 13.600 meter persegi ini adalah salah satu apartemen terbaik yang dapat disewa oleh ekspatriat dari negeri sakura seperti anda.

 

 

×