News & Update

Baru Pertama Kali? Inilah Tips Berendam di Onsen Bekasi 

6602 views

Berendam di pemandian air panas jadi salah satu sarana refreshing orang-orang. Meskipun umumnya bagi orang kota agak kesulitan untuk menjangkau pemandian air panas alami seperti di lereng gunung, ada alternatif yang sama bagusnya. Anda bisa merasakan kenyamanan berendam di air panas Onsen Bekasi, pemandian air panas ala Jepang.

Meskipun secara umum tampak serupa, tapi ternyata ada beberapa perbedaan yang perlu Anda perhatikan antara pemandian air panas alami dengan onsen. Selain tingkat suhu, lingkungan dan sensasinya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika berendam di onsen. Itulah sebabnya kami bagikan secara khusus dalam ulasan ini, tentang tips supaya aktivitas berendam Anda di onsen bisa memberikan kenyamanan yang optimal.

 

Membersihkan Diri

onsen bekasi

Hal pertama yang perlu Anda ingat adalah bahwa Anda sebaiknya mandi terlebih dulu sebelum berendam di onsen. Karena meskipun orang sering menyebutnya sebagai “pemandian air panas”, namun faktanya aktivitas yang Anda lakukan hanyalah berendam. Sehingga setiap pengunjung umumnya akan memastikan tubuhnya bersih sebelum masuk ke air. Jelas berbeda dengan pemandian air panas alami yang berada di lereng gunung, dimana pengunjung bisa bebas masuk kapan saja, tanpa harus mandi terlebih dulu sekalipun.

 

Bersama Lawan Jenis

Berbeda dengan ketika berenang di kolam renang atau berendam di pemandian air panas umum. Karena umumnya untuk Anda bisa berendam di onsen Bekasi, Anda hanya satu kolam dengan sesama jenis. Jadi seandainya Anda datang bersama rekan atau keluarga lawan jenis, maka perlu menetapkan waktu untuk keluar jika ingin bersama. 

Hal ini sebenarnya berhubungan dengan aturan umum dalam onsen. Dimana setiap orang yang berendam harus melepaskan seluruh bajunya, termasuk pakaian renang juga tidak diperbolehkan. Selain itu juga umumnya mereka tidak mengijinkan untuk Anda membawa gadget, sehingga karena itu lebih baik untuk membuat janji bertemu sebelum memasuki onsen.

 

Makan dan Minum

onsen bekasi

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa ini juga akan berpengaruh pada kenyamanan ketika berendam di onsen Bekasi. Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga lebih baik untuk minum segelas air sebelum Anda berendam. Tapi ingat untuk meminum air biasa, bukan alkohol, karena itu justru membuat tubuh Anda tak nyaman berendam di air panas. Sedangkan untuk makan, justru sebaliknya disarankan untuk Anda tidak makan terlebih dulu. Hal itu akan membuat aktivitas berendam Anda jauh lebih nyaman.



Peralatan Mandi

Umumnya onsen sudah menyediakan peralatan mandi dan handuk untuk setiap pengunjungnya. Anda bisa menggunakannya untuk mandi, sedangkan handuk bisa digunakan untuk menutupi tubuh hingga saat masuk ke kolam. Tapi akan jauh lebih baik jika Anda membawa peralatan mandi dan handuk pribadi saat berendam. Karena itu lebih aman khususnya untuk konteks pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

 

Selesai Berendam

onsen bekasi

Beberapa orang bisa merasa pusing saat terlalu lama berendam di dalam onsen Bekasi. Hal itu pun mungkin bisa Anda alami sendiri. Jika demikian, maka lebih baik Anda menghentikannya sebelum rasanya bertambah parah. Karena kekuatan fisik setiap orang berbeda-beda sehingga itu adalah hal yang wajar.

Setelah Anda berendam, rasa panas itu mungkin membuat Anda ingin untuk mandi. Lebih baik Anda tidak melakukannya karena itu justru akan menghambat mineral dari air onsen untuk terserap dalam kulit. Kalaupun memang terasa sangat panas dan tak nyaman, Anda bisa menyiram tubuh dengan air dingin beberapa kali saja.

 

×