News & Update

Nyamannya Apartemen Desain Interior Bergaya Jepang, Relaksasi Setiap Hari!

4687 views

Nyamannya Apartemen Desain Interior Bergaya Jepang, Relaksasi Setiap Hari!

 

https://homemydesign.com/wp-content/uploads/2013/03/modern-japanese-living-room-interior-design.jpg

 

Nyamannya Apartemen Desain Interior Bergaya Jepang, Relaksasi Setiap Hari!

Semakin sempitnya lahan di kota-kota besar dan mahalnya harga tanah membuat masyarakat urban memilih untuk tinggal di apartemen. Selain prestise, tinggal di apartemen menjadi tren tersendiri akhir-akhir ini karena terjamin keamanannya, fleksibel dan mengikuti gaya hidup era zaman sekarang. Salah satu permasalahan utama ketika memilih apartemen sebagai hunian adalah ukuran apartemen yang kebanyakan jenis studio, dimana hanya terdiri dari satu ruangan tanpa sekat pembatas.

 

Namun semua permasalahan ukuran tersebut bisa diatasi apabila kita bisa menerapkan interior yang pas sehingga ukuran studio pun bisa terlihat lebih lebar. Nah, berikut ini beberapa trik yang bisa digunakan oleh kamu dengan mencontek gaya ala Jepang.

 

  1. Penuhi warna netral & monokrom

https://cdn.home-designing.com/wp-content/uploads/2014/05/2-Zen-living-room.jpeg

 

Interior Jepang identik dengan warna yang netral, kalem dan cenderung monokrom. Apalagi untuk kamu yang memiliki warna favorit putih bisa menjadikan warna utama dalam mengambil sebagian besar porsi cat ataupun wallpaper apartemen kamu. 

Setelah itu kamu bisa menambahkan warna-warna lain seperti abu-abu, krem, pink muda, hingga biru muda di bagian ruangan lain.  

 

  1. Ruang terbuka & Cahaya alami

Karena apartemen studio terkesan sempit tak ada salahnya kamu menempatkan banyak cahaya alami & ruang terbuka agar terkesan lebih luas dan cerah. 

Gunakan banyak jendela dan instalasi plafon minimalis yang pas serta pastikan memakai tirai minimalis agar jendela terlihat eye cathy.

 

  1. Perbanyak garis horizontal saat mendesain

Perbanyak garis-garis yang tegas dapat meninggalkan kesan simpel dan elegan, terlebih lagi kunci utama dari desain Jepang adalah simpel dan elegan. 

Garis horizontal membuat pandangan mata untuk fokus melihat keseluruhan ruangan. Serta mampu memberi kesan kalem sehingga menyeimbangkan energi di dalam rumah.

 

  1. Gunakan bahan kayu & bambu

https://i.pinimg.com/originals/be/63/bf/be63bf8b38fa1134557eb08013298ae8.jpg

 

Karena kultur jepang yang erat dengan alam, maka desain Jepang tak jauh dari bahan kayu & bambu. Tekstur alami yang dijumpai pada elemen kayu & bambu mampu memberikan kesan minimalis didalam ruangan apartemen kamu. 

Misalnya kamu mengganti karpet dengan tikar tatami serta vas bunga dari kayu.

 

  1. Gunakan pintu geser

Dengan memanfaatkan pintu geser untuk apartemen, ruangan yang sempit bisa terlihat lebar daripada menggunakan pintu model biasa. 

Apalagi rumah-rumah Jepang kebanyakan berukuran kecil jadi penting untuk memanfaatkan ruangan dengan baik & maksimal.

 

  1. Bak Rendam

Setelah ruangan beres, sekarang cobalah sedikit mengubah kamar mandi yang terbiasa dengan kamar mandi kering sekarang cobalah dengan menggunakan bak berendam dari kayu ala Jepang. 

Kamu bisa membeli secara online atau datang langsung ke toko. Cari yang memiliki bentuk kecil dan dalam serta mempunyai sanggahan sehingga bisa digunakan duduk seperti kursi di dalam air. 

Dan suasana Jepang akan terasa lengkap dengan kehadiran bak rendam kayu khas Jepang.

 

  1. Rapikan tempat penyimpanan

Konsep minimalis adalah ciri khas desain Jepang. Jadi, agar apartemen bisa tercipta kesan minimalis, gunakan ruang secara maksimal dan rapikan ruang penyimpanan secara apik.

 

Letakkan berbagai barang yang ada dan taruh semua yang kamu butuhkan didekatmu. Kamu bisa menyimpan dengan rapi dan minimalis, gunakan tips berikut : 

  • Beri label pada barang

  • Beri dan simpan barang sesuai kategori

  • Menyimpan dalam kondisi berdiri mampu menghemat banyak tempat

  • Selalu simpan barang dengan gantungan

 

  1. Chabudai, Meja pendek Khas Jepang

Meja pendek khas Jepang bisa kamu sematkan di dalam ruangan sebagai pelengkap interior jepang. Meja pendek atau yang disebut Chabudai ini terdiri dari empat kaki pangampu dan unsur permukaan dari kayu atau bambu. 

Memiliki dimensi kecil dan ramping serta kaki-kaki meja yang bisa dilepas & pasang sehingga mudah untuk ditaruh dalam ruang penyimpanan.

 

  1. Alas Duduk lantai atau Zabuton

Tak lengkap kalau hanya meja pendek saja tanpa alas duduk lantai atau Zabuton. Biasanya zabuton dilengkapi dengan zaisu, kursi jepang yang tidak memiliki kaki penyanggah. Sehingga, memudahkan tamu yang tidak terbiasa dengan alas duduk lantai saja. 

Nah, ketika ruang tamu sudah lengkap, tak ada salahnya kamu menyediakan tempat sepatu untuk melepas alas kaki dan ditukar saat di dalam ruangan. 

Rak sepatu di Jepang disebut dengan getabako. Usahakan kamu memilih rak sepatu yang berbahan dari kayu agar kesan natural tetap terjaga.

 

  1. Penempatan kamar tidur

https://www.apartmentgiver.com/wp-content/uploads/2016/07/asian-bedroom-japanese-bedroom.jpg

 

Jangan mengarahkan tempat tidur ke pintu keluar, agar saat orang membuka pintu tidak langsung melihat ke arah tempat tidur.

Selain itu, kamu juga bisa lebih menjaga privasi dan kenyamanan saat beristirahat di apartemen. Untuk tema warna kamar, kamu bisa memilih warna hitam, putih atau cokelat.

 

Interior Jepang untuk apartemen berukuran studio sangatlah pas agar kesan tidak begitu luas dapat disembunyikan melalui gaya Jepang.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kalau kunci utama dari interior Jepang adalah banyaknya elemen dekorasi yang terbuat dari bambu atau kayu karena dapat menciptakan suasana natural dan tenang.

 

Azalea Suites, Apartemen Dengan Sentuhan Interior Jepang

https://design-milk.com/images/2019/08/sabo-work-sacha-apt-1e-810x540.jpg

 

Sentuhan apartemen Jepang di Ibukota bisa kamu temukan dalam Azalea Suites, Cikarang. Apalagi interior apartemen Azalea Suites menganut filosofi Zen yang menjunjung tinggi suasana sederhana, alami, tenang dan natural. 

Ideal untuk kamu yang menginginkan hunian yang menenangkan dan mampu melepas penat saat selesai bekerja. Azalea Suites berdesain ala Jepang yang mampu mengembalikan stamina ketika lelah bekerja dengan aksen kayu dan mencerminkan keindahan alaminya. 

Lingkungan yang ramah dan hangat untuk semua penghuni apartemen terbukti dengan terbentuknya komunitas-komunitas ekspatriat Jepang. Dengan jendela lebar, mampu memberikan cahaya natural alami yang sempurna untuk penerangan maupun menjaga kesehatan seluruh keluarga Anda. 

Azalea Suites juga dilengkapi dengan fasilitas kelas satu untuk kamu yang bergaya fleksibel, modern dan percaya diri. Serta siap melayani 24 jam didukung tim dan pengelolaan optimal. 

Tak heran, jika tercipta suasana istirahat yang pas karena Azalea Suites memahami bahwa kenyamanan setelah bekerja seharian adalah kunci utama untuk memulihkan kreativitas, inovasi serta pengembangan diri manusia. Jadi, jangan sampai Anda lewatkan kesempatan emas memiliki hunian nyaman bergaya Jepang di Azalea Suites. Hubungi tim kami melalui Whatsapp: 6287882720888 untuk janji temu hari ini!

 

 

×