News & Update

Do’s and Don’ts Berkunjung ke Hunian Expat Jepang di Cikarang

827 views

Apartement terpopuler dan menjadi pilihan para expat Jepang di Cikarang adalah Azalea Suites. Nuansa apartment dipenuhi serba-serbi kebudayaan Jepang. Disinyalir menjadi hunian terbaik untuk beristirahat dan bercengkrama dengan keluarga. Disamping itu, unit apartment dari Azalea Suites memberikan berbagai fasilitas terbaik untuk menerima kedatangan tamu.

Apabila Anda berkunjung ke dalam hunian expat Jepang, hal yang perlu diperhatikan adalah kebiasaan Do’s and Dont’s selama di dalam rumah. Jangan samakan bertamu ke dalam hunian orang Jepang dan orang pribumi karena dari budayanya saja sudah berbeda.

Sangat penting mencari tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan supaya pengalaman berkunjung menjadi menyenangkan. Melalui ulasan do’s and don’ts artikel dibawah ini mempermudah Anda memahami kebiasaan orang Jepang yang tidak tertulis.

Do’s Kebiasaan Expat Jepang Didalam Hunian

Ada beberapa kebiasaan expat Jepang yang dilakukan di rumah ketika ada tamu berkunjung. Anda wajib tahu agar saat bertamu ke dalam hunian mereka seolah sudah terbiasa. 

1. Bertamu Tepat Pada Waktunya

Orang Jepang terkenal dengan  budaya tepat waktu diantara semua negara didunia. Dalam hal berkunjung ke rumah seseorang sebaiknya tidak datang terlalu awal karena dinilai tidak sopan kepada tuan rumah. Namun, datang terlambat juga dianggap tidak sopan. Apabila ada halangan saat berada diperjalanan maka beritahukan tuan rumah terlebih dahulu.

2. Mengatakan “Ojyama Shimasu”

Tahukah Anda “Ojyama shimasu” merupakan salam yang biasanya diucapkan kepada tuan rumah. Kalimat tersebut menjadi isyarat ada tamu dalam hunian mereka. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna “saya akan mengganggu”.

Tetapi tidak perlu mengambil pusing dengan kata-kata tersebut. Justru dengan mengucapkannya menunjukkan apresiasi kepada tuan rumah karena sudah diundang.

3. Memakai Stocking atau Kaos Kaki

Walaupun memiliki hubungan yang sangat baik dan dekat dengan tuan rumah tetapi sebagai tamu harus tetap menghormati kebiasaan dari budaya mereka. Dimana saat memasuki hunian orang Jepang tidak bertelanjang kaki. Sebab dengan bertelanjang kaki dianggap membawa debu dari luar memasuki rumah.

Orang Jepang asli terbiasa menggunakan kaos kaki ataupun stocking selama berada di dalam rumah. Selama berkunjung maka tamu pria menggunakan kaos kaki, sedangkan tamu wanita menggunakan stocking. Selain itu, pakaian bawahan seperti celana atau rok sebaiknya tidak ketak karena akan menyulitkan saat duduk di lantai.

4. Membawa Temiyage atau Oleh-oleh

Bagi masyarakat Jepang biasanya tamu yang berkunjung membawakan oleh-oleh. Mereka menyebutnya temiyage atau omiyage, dalam bahasa Indonesia berarti hadiah tangan. Temiyage tersebut tidak harus mewah, melainkan hadiah barang-barang kecil contohnya cemilan, kue-kue, dan lainnya.

Pada dasarnya tidak ada peraturan khusus mengenai temiyage yang diberikan. Namun, tuan rumah biasa menerima temiyage yang terbungkus rapi menggunakan kertas kado.

5. Menerima Tawaran Minum

Umumnya saat ada tamu berkunjung, baik itu rekan atau keluarga akan ditawari minuman. Sikap ini merupakan bagian dari kebiasaan orang Jepang untuk memberi sambutan hangat kepada para tamunya.

Anda jangan sampai menolak minuman tersebut. Tunjukkan sikap yang sopan saat menerima minuman dan berikan apresiasi kepada tuan rumah. Jika temiyage yang Anda bawa berupa cemilan dan kue, jangan heran jika dihidangkan bersama minuman yang sudah ditawarkan.

6. Membungkuk atau Bersalaman Tangan

Dalam budaya Jepang sejak kecil orang-orang diajarkan etiket sopan santun dengan cara membungkukkan badan pada berbagai kesempatan. Namun, Anda tidak perlu berlebihan dalam melakukannya karena mereka tidak terbiasa melihat etiket seperti ini dilakukan oleh orang asing.

Anda dapat menggantinya dengan mengulurkan tangan terlebih dahulu untuk bersalaman. Dengan begitu mereka tetap merasa dihormati dan menunjukkan bahwa Anda sopan santun.

Dont’s Kebiasaan Expat Jepang Didalam Hunian

Ada juga beberapa kebiasaan expat Jepang didalam hunian saat menerima tamu. Sebaiknya sebelum berkunjung Anda memahaminya agar tidak membuat tuan rumah tersinggung.

1. Jangan Duduk Hingga Tuan Rumah Mempersilakan

Saat tamu datang biasanya diantarkan langsung menuju ruang tengah. Setelah tiba dalam ruangan sebaiknya tetap berdiri hingga dipersilahkan duduk. Bagi mereka didalam ruang tengah ada ruang duduk spesial yang dimiliki anggota keluarga, jadi Anda tidak dapat duduk sesuka hati. Jangan ragu untuk menanyakan dimana Anda dapat duduk.

2. Jangan Masuk Dalam Ruangan Memakai Sepatu

Hampir semua model rumah di Jepang memiliki area pintu masuk yang disebut genkan. Genkan dapat ditemukan ketika membuka pintu rumah. Tindakan yang dapat Anda lakukan adalah menyapa tuan rumah, kemudian langsung melepaskan sepatu sebelum memasuki genkan.

Tata cara meletakkan sepatu pada tempatnya yang benar dengan membalikkan sepatu dan membuat menghadap arah pintu. Inilah yang dinamakan kesopanan halus yang dianggap menghormati mereka.

3. Jangan Mengabaikan Sandal Toilet

Orang Jepang biasanya menyediakan sandal khusus untuk memasuki toilet. Apabila Anda hendak menggunakan toilet maka jangan mengabaikan penggunaan sandal. Hindari menggunakan sandal pribadi dari luar atau kaki telanjang saat berada dalam toilet. Sebab dianggap akan mengotori lantai karena membawa debu dari lantai toilet.

4. Jangan Mengabaikan Pertanda Tuan Rumah Menyuruh Cepat Pulang

Orang Jepang juga terkenal memiliki konteks tinggi. Oleh karena itu, mereka tidak asing lagi dengan kebiasaan membaca suasana dan memahami makna tersirat. Hal ini juga diharapkan dapat dimengerti oleh orang pendatang.

Dapat dikatakan komunikasi nonverbal juga dihormati di sana. Meskipun tidak ada satupun budaya di dunia yang meminta tamu secepatnya pulang dari rumah mereka. Apalagi, orang Jepang cenderung tidak enak hati untuk mengatakan waktunya tamu pulang.

Contohnya di wilayah Kyoto, jika tuan rumah menghidangkan tamu dengan menu ochazuke yakni nasi disiram teh hijau memiliki arti tersendiri. Sebenarnya tuan rumah memberikatan isyarat agar tamu cepat pulang.

5. Jangan Mengajak Teman YangTidak Diundang

Apabila Anda diundang sendirian ke rumah orang Jepang sebaiknya pikir-pikir jika ingin membawa teman. Sangat disarankan bertanya kepada tuan rumah terlebih dahulu. Pasalnya, membawa seseorang tanpa bertanya dahulu dianggap tidak hormat kepada tuan rumah.

Memang tuan rumah tidak akan terang-terangan menolah orang yang Anda bawa. Namun, ada kemungkinan teman yang bersangkutan merepotkan dan menimbulkan masalah yang membuat jengkel tuan rumah. Seperti kesulitan mengatur posisi duduk dan sajian minuman atau makanan yang kurang memadai.

Setelah mengetahui Do’s and Don’ts yang dilakukan saat berkunjung ke hunian expat Jepang maka cobalah menerapkan dengan benar. Sehingga tidak sungkan melakukan sesuatu karena telah mengetahui nilai-nilai kebudayaan dan kebiasaan mereka.

Selain itu, membantu untuk menikmati suasana Calm and Peaceful dari unit apartment. Alih-alih mengunjungi hunian apartment teman di Azalea Suites justru tertarik menyewa atau membelinya.

Daya tarik apartment Azalea Suites memang berbeda dari apartment lainnya. Terlebih lagi disediakan berbagai fasilitas menarik seperti Onsen Azalea Suites, Poolside Restaurant, Fitness Center, hingga Mini Market. Lihat video review fasilitas yang disediakan Azalea Suites disini. Segera dapatkan hunian ala Jepang yang terbaik hanya dari apartment Azalea Suites di Cikarang.

×