News & Update

Memalukan! Jangan Lakukan 5 Hal ini Saat di Tempat Berendam Bekasi

2950 views

Banyak pilihan aktivitas untuk kita bisa melepaskan penat, seperti pergi mengunjungi suatu tempat, berbelanja, mencoba kuliner baru atau berendam di air hangat. Dalam istilah jepang, tempat itu disebut dengan onsen. Dimana orang bisa menikmati kolam dengan air hangat yang kaya mineral, sembari menghayati ketenangan suasana. Tak terkecuali juga bagi orang Indonesia, ada yang suka melepas penat di tempat berendam Bekasi.

Meskipun begitu, onsen berbeda dengan pemandian air panas yang biasanya kita temui di lereng gunung lho. Karena onsen memiliki beberapa aturan yang berbeda dibandingkan pemandian jenis itu. Bagus jika kita mampu menyesuaikan dengan baik setiap aturan yang ada, sehingga bisa mendapat kenyamanan berendam. Tapi jika kita ternyata salah memahami aturan atau melakukan kesalahan, pastinya memalukan, bukan? 

Karenanya berikut ini kami bagikan beberapa kesalahan memalukan yang mungkin terjadi di tempat berendam Bekasi. Agar Anda jangan sampai melakukannya dan berakhir dengan rasa malu.

 

Melepaskan Seluruh Pakaian

tempat berendam bekasi

Memang benar bahwa salah satu peraturan ketika berendam di onsen adalah melepaskan seluruh pakaian, sehingga tidak tertinggal sehelai pun. Namun perlu diingat bahwa aturan tersebut hanya berlaku jika asumsinya kolam untuk pria terpisah dengan kolam untuk wanita. Sehingga wanita tak perlu malu untuk bertelanjang di depan sesama wanita. 

Sebaliknya aturan ini jangan sampai dilakukan saat berada di onsen yang membolehkan pria dan wanita berendam dalam kolam yang sama. Bayangkan saja betapa malunya ketika Anda bertelanjang di tempat yang salah. Sehingga sebelum melepas seluruh pakaian Anda, lebih baik pahami terlebih dulu tipe apa tempat berendam Bekasi yang Anda tuju. Jika onsen itu privat seperti Azalea Suites, tak akan menjadi masalah.

 

Petunjuk Ruangan

Hal kedua yang juga perlu Anda perhatikan adalah petunjuk ruangan. Terutama jika Anda berendam di onsen Jepang yang tiap ruangan petunjuknya memakai huruf kanji. Tentu saja tak akan menjadi masalah jika Anda memahami tulisan kanji dengan baik. Tapi bagi orang yang awam, sebaiknya tidak asal menebak, karena bisa membuat Anda salah memilih ruang ganti.

Sangat memalukan jika ternyata Anda salah masuk ke ruang ganti lawan jenis dan melihat orang-orang didalamnya hanya memakai pakaian dalam atau bahkan sedang bertelanjang. Karenanya jika memang tidak tahu, lebih baik untuk bertanya kepada orang yang paham. Kecuali jika Anda berada di tempat berendam Bekasi yang petunjuknya menggunakan bahasa latin, tak sulit untuk memahami mana ruang ganti pria dan mana untuk wanita.

 

Memakai Sandal Kayu “Geta”

tempat berendam bekasi

Selain handuk dan peralatan mandi, biasanya Geta juga disediakan dalam onsen. Yakni sandal khusus untuk di area onsen. Nah, tapi tentu saja itu tidak boleh dipakai untuk di dalam ruangan onsen! Karenanya jangan sampai keasyikan hingga lupa melepas Geta. Karena sandal kayu ini hanya boleh dipakai sampai di depan ruang onsen saja!

 

Mandi Saat Berendam

tempat berendam bekasi

Meskipun onsen atau tempat berendam Bekasi juga sering disebut dengan pemandian air panas, tapi itu bukan tempat untuk Anda bisa mandi. Karena kolam onsen hanya diperuntukkan untuk berendam sambil bersantai atau bermeditasi. Jadi kurang tepat jika Anda melakukan hal-hal sebagaimana yang biasa dilakukan di dalam bath-tub. 

Jadi seandainya memang Anda menyadari tubuh berkeringat atau kotor, lebih baik untuk mandi sebelumnya. Memang benar bahwa jika Anda tak mandi pun, tak ada orang yang akan tahu. Tapi tentu saja lebih nyaman juga untuk Anda berendam dalam kondisi tubuh yang bersih. Tentu saja hal ini berlaku juga meski Anda berendam dalam kolam onsen yang privat seperti di Azalea Suites.

 

Handuk untuk Menutupi Tubuh

tempat berendam bekasi

Sangat wajar jika orang-orang yang belum terbiasa mengunjungi tempat berendam Bekasi merasa malu untuk bertelanjang. Meskipun itu di depan orang-orang sesama jenis, tetap saja bukan hal yang umum dilakukan. Tapi mau tidak mau Anda harus mengikutinya dan tak boleh memakai apapun saat masuk ke dalam kolam, termasuk handuk! Karena handuk yang disediakan seharusnya diletakkan di atas kepala.

Anda sudah tahu semua kesalahan yang berpotensi dilakukan di onsen. Jangan sampai lupa ya!

×